Catatanku

KENALI MANGGA CHOKANAN DAN CARA MENANAM AGAR CEPAT BERBUAH

mangga chokanan

Mangga Chokanan atau ada yang menyebutnya Chauk Anan dan Chooke Anan adalah salah satu varietas mangga yang berasal dari Negeri Gajah putih (Negara Thailand). Waktu sekarang – sekarang ini, mangga chokanan menjadi salah satu jenis tanaman favorit para petani untuk membuat kebun mangga chokanan dan di budidayakan. Mengapa? Karena proses menanam dan merawatnya relatif tidak sulit, cepat sekali berbuah, dan rasanya yang sangat manis.

Baca juga jenis mangga lainnya :

Mangga jenis ini memiliki nama latin yaitu Mangifera sp, tanaman ini mampu tumbuh dengan maksimal di dataran rendah, tanah yang gembur dan berkecukupan dalam ketersediaan air. Ada hal yang perlu kalian perhatikan tidak untuk tanaman ini saja tapi untuk hampir semua tanaman : harus mendapatkan sinar matahari yang cukup agar dapat berfotosintesis serta tumbuh dengan optimal!

Mangga jenis lain biasanya musim panen atau berbuah 1 kali dalam setahun, namun hal ini tidak berlaku bagi mangga chokanan ini karena mangga ini berbuah tidak mengenal musim. Mangga jenis ini paling mudah sekali untuk berbuah, kalian bisa bayangkan bibit mangga jenis ini yang masih berusia 1 tahun hasil okulasi bahkan sudah mulai untuk berbuah. Satu pohon mangga ini dapat berbuah hingga 2 sampai 3 kali dalam setahun! Wow!

mangga chokanan
higaragro.com

Tanaman ini memiliki tingkat produktivitas yang amat tinggi, dalam setahun bisa menghasilkan buah sampai seberat 60 hingga 120 Kilogram! Jangan salah, tanaman ini dapat juga di tanam dan dibudidayakan di dalam pot (tabulampot) tetapi tetap mampu menghasilkan buah yang lebat juga lo!

Mangga chokanan sering disebut juga mangga madu guys! Hal ini karena tampilan daging buah yang berwarna kuning cantik serta rasa mangga chokanan yang begitu istimewa yaitu sangat manis dan mirip seperti rasa madu alami. Sangat – sangat wajar sih jika banyak kalangan sangat menyukai dan gemar mengkonsumsi buah mangga ini baik di saat sudah matang sempurna maupun saat masih muda. Di Thailand sendiri, mangga chokanan sering di makan berdampingan dengan ketan.

Selain keterangan di atas, sumber 1 yang penulis dapatkan, mangga ini juga memiliki bermacam kandungan dan manfaat kesehatan bagi tubuh manusia dengan mengkonsumsinya.

KARAKTERISTIK, KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT MANGGA CHOKANAN

mangga chokanan
rumahtanaman.com

Karakteristik Mangga Chokanan

Berasal Dari: Thailand
Nama Ilmiah: Mangifera sp
Bibit: Hasil okulasi
Ukuran Bibit: 50 hingga 70 Cm
Iklim Pertumbuhan: Suhu 30 hingga 35 derajat celsius
Dataran Tumbuh: Dataran rendah (ketinggian 800 mdpl)
Masa Berbuah: 3 hingga 5 tahun
Kebutuhan Sinar Matahari: Setiap dan sepanjang hari
Penyiraman: 2 kali sehari (pagi dan sore)
Media Tanam: Tanah dan humus
Ukuran Buah Mangga Chokanan: Sedang dengan berat 350 hingga 450 gram perbuah

Kandungan Gizi Dalam 100 Gram

NutrisiKandungan per 100 gram% AKG
Vitamin A0,04 mg21 %
Vitamin B120,16 mg0 %
Vitamin B60,05 mg5 %
Vitamin C20,5 mg60 %
Protein0,8 g1 %
Karbohidrat15 g5 %
Lemak0,4 g
Sodium1 mg
Magnesium22,5 mg2,3 %
Zat Besi (Fe)1,9 mg1 %
Potasium168 mg4 %

Dari informasi – informasi yang tertera di atas, dapat disimpulkan bahwa kandungan nutrisi mangga chokanan ternyata banyak sekali terutama kandungan Vitamin C nya. Mangga ini menyimpan 11 kandungan nutrisi yang sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk nutrisi bagi tubuh kita ya guys.

Manfaat – Manfaat Mangga Chokanan Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1. Mengatasi Anemia

tribunnewswiki.com

Anemia merupakan suatu gejala kekurangan sel darah merah yang dapat Anda atasi dengan cara mengkonsumsi mangga chokanan sebagai makanan sehari – hari (konsumsi secara bijak). Kok bisa? Karena didalam mangga ini terdapat kandungan Zat Besi! Seperti yang kalian ketahui bahwa zat besi berfungsi untuk membantu memproduksi sel darah merah agar berkembang lebih banyak sehingga masalah anemia dapat teratasi.

2. Memperkecil Resiko Penyakit Jantung

halodoc.com

Serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian tertinggi di dunia. Kandungan gizi dalam mangga ini dapat mengurangi resiko penyakit jantung sehingga jantung anda akan lebih sehat.

3. Nutrisi Kesehatan Mata

bulelengkap.go.id

Dengan nutrisi alami vitamin A yang terdapat dalam mangga chokanan ini dapat membantu untuk kesehatan mata anda. Untuk hasil yang optimal, anda dapat memakannya setiap hari secara rutin (konsumsi dengan bijak).

4. Mencegah Sel Kanker Berkembang

merdeka.com

Sel kanker merupakan penyakit yang amat sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian bagi diri manusia. Dengan konsumsi mangga ini secara rutin, maka akan menahan berkembangnya sel kanker di dalam tubuh manusia. Nutrisi yang terdapat dalam mangga chokanan dapat membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari serangan sel kanker.

5. Menurunkan Kolesterol

gizi.fkm.untad.ac.id

Mengkonsumsi mangga ini akan membantu tubuh agar mengurangi kadar kolesterol. Jika anda memiliki kolesterol yang tinggi, maka konsumsilah secara bijak mangga chokanan rutin setiap hari.

6. Antioksidan Alami

bogor.tribunnews.com

Seperti dari data tabel diatas dapat kalian ketahui bahwa buah mangga chokanan mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat bekerja dengan baik didalam tubuh manusia. Selain itu antioksidan juga berfungsi untuk menangkal paparan dari radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh manusia.

7. Memperlancar Pencernaan

robyntornabeni.com

Kandungan serat yang kurang didalam tubuh dapat mengganggu proses pencernaan. Anda akan mengalami yang namanya buang air besar sulit atau biasa yang disebut sembelit. Hal ini tentunya akan mengganggu aktivitas harian anda bukan?

Nah mangga chokanan ini mengandung serat yang tinggi. Serat yang tinggi dari mangga ini akan membantu melancarkan proses pencernaan anda. Anda dapat mengkonsumsi rutin setiap hari sehingga tubuh anda mendapatkan kecukupan serat.

8. Mengontrol Kadar Gula Darah

sahabatnestle.co.id

Rasa mangga chokanan yang manis berasal dari gula alami yang tentunya baik untuk tubuh manusia. Gula alami tersebut tidak akan menaikkan kadar gula darah dalam tubuh anda secara signifikan. Para penderita diabetes dapat mengkonsumsi buah mangga ini secara rutin (dengan bijak) sebagai pelengkap nutrisi didalam tubuh.

APAKAH RUMIT UNTUK DIBUDIDAYAKAN?

mangga chokanan
samudrabibit.com

Mangga chokanan dapat juga di budidayakan di dalam pot sebabnya memang mangga ini mudah untuk di budidayakan. Perawatan yang harus kalian lakukan untuk mangga jenis ini tidaklah rumit, yang perlu anda perhatikan ada 3 hal.

Waktu penyiraman dilakukan 2 kali dalam sehari ya! Yaitu waktu pagi hari dan waktu sore hari. Kemudian tanaman ini harus mendapatkan sinar matahari yang cukup rutin setiap harinya. Jadi kalian harus memastikan bahwa letak posisi pohon atau tanaman ini terkena atau terpapar sinar matahari langsung setiap hari. Yang terakhir pastikan pohon mangga chokanan ini harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, beri pupuk, media tanam yang baik guna menunjang pertumbuhannya secara optimal.

Tanaman ini akan mulai berbuah pada waktu tahun ketiga sejak awal penanamannya. Bunga mangga chokanan muncul yang menandakan bahwa tanaman akan segera berbuah dalam setahun bisa 3 kali waktu panen. Banyak ya!

Karakteristik mangga chokanan bila kalian perhatikan sangatlah unik yaitu pada awalnya buah akan berwarna hijau dan berasa asam masam kemudian ketika matang pohon secara sempurna, warna buah akan berubah menjadi kuning terang serta rasa mangga chokanan akan menjadi sangat manis. Ukuran buah mangga chokanan dalam 1 buahnya bisa mencapai bobot 350 hingga 450 gram dengan daging buah yang memiliki serat juga berair dan manis.

Nah berikut adalah syarat kondisi dan cara menanam serta merawat mangga chokanan menurut sumber 2.

KONDISI DAN SYARAT DALAM MERAWAT MANGGA CHOKANAN

  • Tanaman ini akan tumbuh dengan optimal di dataran rendah hingga menengah asal ketinggian tidak lebih dari 600 mdpl
  • Suhu optimal yang diperlukan 24 hingga 30 derajat celsius
  • Daerah harus memiliki curah hijan sekitar 750 hingga 2000 mm per tahun
  • Rata – rata bulan basah 2 – 4 bulan dan bulan kering sekitar 8 – 10 bulan. Apabila di daerah basah dengan curah hujan yang tinggi, maka tanaman akan di serang berbagai macam penyakit dan hama yang akan menyebabkan buah yang di hasilkan mengalami kerontokan.
  • Media tanam haruslah tanah gembur dengan pasir dan lempung dengan perbandingan jumlah yang setara juga jangan lupakan harus mengandung unsur hara.
  • pH tanah yang cocok untuk pertumbuhan yang optimal adalah 5,5 – 8. Namun apabila pH tanah dibawah 5,5 maka anda harus tambahkan kapur dolomit.

CARA PEMBUDIDAYAAN MANGGA CHOKANAN

mangga chokanan
jualbenihmurah.com

Memiliki aktivitas bertanam dan membudidayakan mangga chokanan sangatlah menyenangkan. Karena mangga jenis ini dapat kalian tanam di dalam pot serta mudah sekali untuk anda pelihara. Beruntunglah kalian yang memang hobi bercocok tanam atau berkebun buah jenis ini karena kalian juga bisa sekaligus mendapatkan penghasilan dari hobi kalian.

Terutama mangga jenis ini dapat berbuah setiap tahunnya dan produktivitasnya pun sangat tinggi. Nah berikut cara bagi anda yang ingin menanam dan membudidayakan mangga chokanan ini :

1. Pemilihan Bibit (Bibit Unggul)

mangga chokanan
kartani.co.id

Bila kalian tertarik tidak hanya sekedar hobi menanamnya saja tetapi juga ingin membudidayakannya juga, kalian harus memilih bibit yang berkualitas unggulan ya!

  • Pilihlah bibit dari penjual bibit mangga chokanan yang terpercaya!
  • Kalian harus memilih bibit dengan memperhatikan batangnya! Batang bawah pilihlah batang yang kokoh dan kuat serta mempunyai daya tahan tinggi terhadap berbagai kondisi lingkungan sekitar. Sementara batang yang atas, kalian pilihlah batang yang memiliki produktivitas yang tinggi.
  • Tinggi bibit mangga usahakan sekitar 60 hingga 80 cm dengan diameter 1 sampai 1,5 cm
  • Bentuk batang lurus dan tidak bercabang serta memiliki warna yang hijau tua kecoklatan ( ciri2 pohon mangga chokanan yang baik )
  • Daun membentuk tiga flush dan berwarna hijau mengkilap
  • Pilihlah bibit mangga chokanan yang telah berumur 6 bulan lebih
  • Pilih bibit yang terbebas dari hama dan penyakit serta tidak cacat

2. Mengolah Lahan

mangga chokanan
samudrabibit.com

Lahan yang dapat kalian gunakan untuk membudidayakan mangga chokanan haruslah bersih dari tunggul, gulma, semak belukar, rumput liar, dll. Dalam mengolah lahan, sebaiknya kalian mengolahnya sebelum musim hujan. Buatlah jarak ideal antar tanaman mangga chokanan, idealnya sekitar 5 x 5 meter atau 6 x 6 meter jika bibit yang kalian miliki adalah berasal dari okulasi.

  • Pertama – tama kalian perlu membuat lubang besar dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm dan biarkan lubang tersebut terbuka selama 1 hingga 2 minggu (lakukan sebelum musim hujan ya!)
  • Sisa tanah bekas kalian menggali lubang tersebut kalian campur dengan 10 kg pupuk kandang dan pupuk NPK (perbandingan 15 : 15 : 15) sebanyak 100 gram
  • Bila sudah tercampur dengan rata, masukkan campuran tersebut kedalam lubang yang sudah kalian gali sebelumnya. Masukkan hingga terbentuk menggunduk keatas (gundukan keatas).
  • Jangan terburu – buru untuk menanamnya! Tunggu dan diamkan hingga 2 sampai 3 minggu lalu kalian baru boleh menanam bibit mangga chokanan tersebut.

3. Menanam Bibit Mangga Chokanan

samudrabibit.com

Pilihlah waktu yang tepat untuk menanam bibit mangga ini, rekomendasi dari sumber yang penulis baca adalah tanamlah pada saat awal musim penghujan. Akan berbeda ceritanya jika lahan atau kebun anda sudah tersedia air irigasi, penanaman bibit mangga bisa kalian lakukan kapan saja.

  • Lepaskan terlebih dahulu polybag yang melindungi dan menyelimuti bibit mangga dengan gunting atau cutter. Kalian harus memastikan bahwa media tanam dan bibit masih melekat satu sama lainnya.
  • Buatlah lubang tanam seukuran dengan media tanam di gurukan campuran pupuk kandang, NPK, dan tanah yang sudah kalian buat sebelumnya
  • Masukan media tanam beserta bibit kedalam lubangan tersebut kemudia guruki kembali hingga guludan terbentuk
  • Siram tanaman dan media tanamnya agar kelembaban terjaga serta agar tanaman menjadi segar.

4. Perawatan Mangga Chokanan

serbuksari.blogspot.com

Kalian harus merawat dengan perlakukan yang tepat dan baik jika kalian ingin tanaman mangga chokanan kalian tumbuh secara optimal dan juga menghasilkan buah yang baik. Nah menurut sumber 2, ada 3 tahap dalam perawatan yang baik dan optimal yaitu meliputi penyiraman, pemangkasan, dan penyiangan (penggemburan) :

Penyiraman Mangga Chokanan

ujikadarair.com

Penyiraman harus dilakukan pada tahap awal penanaman ya guys. Kalian haruslah melakukannya secara rutin setiap hari, 2 kali sehari yaitu pagi dan sore. Namun kalian juga harus memperhatikan kondisi cuacanya, bila akan hujan, jangan di siram lagi ya. Itu akan membuat air mengambang dan menutupi tanah dan dapat terjadi pembusukan.

Perhatikan juga volume air ketika menyiram, jangan sampai terlalu banyak dan air mengambang. Hal itu juga akan menyebabkan akar terserang cendawan yang diakibatkan dari kelembaban yang tinggi.

Kalian dapat menggunakan alat yang bernama springkler atau gembor agar siraman air yang keluar merata dan tidak terlalu kencang sehingga tidak merusak tanaman.

Penyiangan (Penggemburan)

youtube.com

Penyiangan pada mangga chokanan sebaiknya dilakukan pada saat waktu pemupukan dan penggemburan ya Rumput – rumput atau gulma yang ada di sekitar tanaman mangga dicabut hingga keakar nya, dan buanglah jauh dari tempat anda menanam mangga chokanan, agar gulma dan rumput tersebut tidak tumbuh dan menempel kembali.

Sementara untuk penggemburan sendiri dapat kalian lakukan jika kalian lihat kondisi tanah sudah padat dan tidak ada rumput atau gulma di sekitar pangkal batang tanaman mangga chokanan. Lakukanlah pada awal musim hujan. Bila tanaman kalian asalnya dari proses cangkokan, penggemburan jangan dilakukan terlalu dalam agar tidak merusak akarnya.

Pemangkasan Mangga Chokanan

pertanianku.com

Tujuan dari kalian memangkas adalah :

  • Agar bertumbuhnya tunas yang baru secara bersama – sama dan tumbuh dewasa secara bersama – sama pula.
  • Terbebas dari cabang parasut (cabang yang memiliki daun yang tidak terkena sinar matahari langsung).
  • Tanaman membentuk bulat seperti payung yang terbuka
    Agar tidak terlalu lembab.
  • Menghasilkan cabang yang kokoh dan tersebar merata.

Nah itu juga sebagai salah satu cara menanam mangga chokanan agar cepat berbuah. Jangan salah! Jangan memangkas seenaknya sendiri, setiap pemangkasan ada tata caranya lo.

Tata Cara Pemangkasan Mangga Chokanan :
  • Pemangkasan dapat kalian lakukan apabila tinggi tanaman sudah mencapai 80 hingga 100 cm
  • Pangkaslah pada bagian atas antara bidang yang berwarna hijau dan coklat agar pertumbuhan tunas terangsang. Tentukan 3 tunas yang tumbuh seragam pada ketiak yang ada
  • Sebagian cabang pangkaslah! Kemudian anda sisakan 3 sampai 4 cabang yang sehat, kokoh, dan tidak saling silang, serta terbentuk sudut 90 sampai 120 derajat.
  • Bila tunas yang tumbuh pada cabang pokok hanya 1 cabang saja, ulangi pemangkasan pada cabang pokok.
  • Selanjutnya lakukan pemangkasan berikutnya apabila cabang pokok sudah panjang sampai 1 meter atau berumur kurang lebih 3 sampai 6 bulan setelah pemangkasan pertama. Cara pemangkasan seperti cara pemangkasan sebelumnya.
  • Lakukan terus pemangkasan pada tanaman usia produktif. Pangkaslah dan buang tunas liar dan cabang – cabang liar yang bertumbuh tidak pada tempat yang tepat (dibawah cabang pertama). Cabang – cabang yang tidak sehat, sakit, atau tunas yang layu, harus segera di pangkas ya. Hal ini bertujuan agar lingkungan mahkota daun tertembus dan terkena sinar matahari langsung.
  • Tinggi tanaman sebaiknya tidak lebih dari 5 sampai 6 meter agar anda mudah melakukan perawatannya. Dan juga gunanya agar seluruh bagian tanaman mangga chokanan mendapatkan sinar matahari langsung (agar tidak terdapat cendawa yang tumbuh).

5. Pemupukan Mangga Chokanan

ilmubudidaya.com

Proses pemupukan bertujuan agar tanaman tumbuh optimal, buah yang dihasilkan banyak, dan tidak cacat.

Cara pemupukan mangga chokanan ditinjau dari umur tanaman
  • Umur 3 – 4 bulan : Pemupukan menggunakan pupuk urea dengan jumlah 100 sampai 150 gram per pohonnya. Pupuk dapat anda taburkan pada parit secara melingkar di bagian bawah taju dan timbunlah lagi dengan tanah, sesegera mungkin aliri air kembali.
  • Umur 1 tahun : Siapkan dan beri 15 kg pupuk kandang pada setiap pohon mangga chokanan. Berikan pupuk pada waktu awal dan akhir musim hujan (sekitar 6 bulan sekali). Berikan pupuk dengan cara pupuk di benamkan dalam parit dengan cara melingkari batang pohon (bawah tajuk tanaman). Ketika pupuk sudah di masukan kedalam tanah, tanah tersebut di aduk – aduk dan di cangkul – cangkul agar tercampur secara merata dengan tanah yang berada dibawahnya. Setelah itu parit dapat ditutup tanah kembali.
  • Ketika akan berbunga : Tanaman mangga chokanan ketika akan berbunga sangat membutuhkan pupuk yang terdiri dari kalium dan fosfor yang tinggi. Kenapa? Hal ini bertujuan untuk merangsang pembungaan. Kemudian anda berikan pupuk NPK dengan perbandingan 15 : 15 : 15 sebanyak 1 sampai 2 kg pada setiap pohon, tambah lagi dengan NPK dengan perbandingan 8 : 24 : 24 atau NPK dengan perbandingan 1 : 30 : 40 sebanyak 100 hingga 200 gram per pohon. Atau bisa juga dengan NPK perbandingan 8 : 16 : 24 sebanyak 100 sampai 150 gram per pohon.

6. Pemanenan mangga chokanan (Panen)

mangga chokanan
travel.detik.com

Setelah 70 hingga 80 hari dihitung dari ketika bunga mangga chokanan muncul, buah dapat kalian panen. Perhatikan ketika anda memanennya, pemanenan dilakukan tidak boleh sampai buah masak pohon! Tetapi panen ketika buah sudah tua (green mature). Nah tahap green mature terjadi ketika buah sudah berumur sekitar 70 hari setelah buah awal terbentuk.

Ciri – ciri buah mangga chokanan siap panen :

  • Buah mangga padat berisi penuh terutama pada bagian dekat pangkal buah.
  • Ketuklah buah mangga, buah siap panen akan berbunyi nyaring.
  • Warna kulit buah mangga sudah berubah dari warna hijau menjadi kuning.
  • Permukaan kulit buah menjadi halus dan semakin tebalnya lapisan bedak pada kulit buah.

Waktu pemanenan yang terbaik untuk memanen buah mangga adalah pada pukul 09.00 sampai 15.00. Mengapa? Karena pada antara waktu itu tekanan tugor rendah sehingga ketika pemanenan, getah mangga tidak akan keluar begitu banyak.

Anda dapat menggunakan alat untun panen seperti gunting, gunting tangan, galah disertai dengan anyaman rotan, dll. Sisakan sekitar 0,5 sampai 1 cm tangkai buah mangga agar tetap menjaga mutu dari buah. Masukan buah hasil panen pada tempat atau wadah yang sudah dialasi dengan daun kering

Kalian semua dapat membeli bibit ataupun tanaman lainnya pada sumber 1 dan sumber 2. Kedua tempat tersebut merupakan inspirasi penulis dalam membuat artikel ini.

Nah kalian sekarang sudah tahu dan memiliki wawasan luas mengenai manfaat kesehatan yang dapat anda rasakan ketika mengkonsumsi mangga chokanan. Mengandung antioksidan yang tinggi untuk mencegah radikal bebas dan vitamin C yang tinggi untuk imunitas tubuh.

Dan juga anda telah mengetahui mengenai informasi tentang cara merawat dan menanamnya. Mulai dari persiapan media tanam yang tepat hingga waktu tahap pemanenan.

Tingkat produktifitas yang tinggi, dalam setahun dapat berbuah hingga 3 kali sehingga selain untuk di konsumsi, budidaya buah mangga jenis ini juga dapat menghasilkan anda keuntungan materi.

Sekian pembahasan mengenai kenali dan cara menanam mangga chokanan agar cepat berbuah , semoga bermanfaat terimakasih.

Tagged , , , , ,

About ADMIRAL

Hanya seorang pembaca buku
View all posts by ADMIRAL →

1 thought on “KENALI MANGGA CHOKANAN DAN CARA MENANAM AGAR CEPAT BERBUAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *