Catatanku

KARAKTERISTIK MANGGA OKYONG DAN CARA MERAWATNYA

mangga okyong

Mangga okyong atau mangga akiong berasal dari Thailand. Mangga ini adalah salah satu varian mangga yang berasal dari Negara Thailand yang masih belum terlalu banyak di komersilkan. Padahal guys, perlu kalian tahu bahwa mangga jenis ini sangat produktif loh! Dalam setahun, bisa berbuah sebanyak 3 kali! Wow! Banyak ya?

Buah yang dihasilkan memiliki ukuran yang sedang dengan berat sekitar 200 hingga 250 gram perbuah serta panjang buah berkisar antara 10 sampai 12 Cm. Mangga okyong dapat menghasilkan daging buah yang tebal, bijinya tipis dan juga kecil. Untuk rasa dan aroma, hmmm jangan ditanya! Rasanya sangat manis, memiliki serat yang lembut dan sangat berair. Aroma yang dihasilkan juga harum segar lo.

Jenis mangga ini seperti jenis mangga lainnya yaitu juga mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar sangat lah baik, cocok nih untuk di tanaman di Indonesia. Percabangannya juga mudah dibentuk sehingga cocok juga nih sebagai tanaman hias.

Namun jangan salah, untuk awalnya bibit mangga okyong sangatlah sensitif dan ringkih sehingga kalian membutuhkan ketelitian dan perhatian tersendiri saat merawatnya ketika masih bibit.

Dengan keunggulan yang dimiliki mangga okyong, dengan membudidayakannya, Anda dapat sangat diuntungkan! Tergantung tujuan Anda, membudidayakan dengan tujuan komersil atau hanya sekedar menanamnya saja di dalam pot untuk sekedar menambah koleksi tanaman hias dan buah – buah an Anda?

Baik tujuan komersil ataupun koleksi, pastinya Anda berkeinginan supaya tanaman mangga okyong Anda cepat berbuah bukan? Hahaha…

Baca juga mangga jenis lain :

Nah berikut tips dan trik cara menanam tanaman mangga okyong yang baik dan benar menurut sumber 1 dan sumber 2 yang penulis kumpulkan :

KARAKTERISTIK DAN BUDIDAYA MANGGA OKYONG

1. Karakteristik mangga okyong

mangga okyong
shopee.co.id

Anda terlebih dahulu harus mengetahui karakteristik tanaman ini sebelum memutuskan untuk menanamnya di dalam pot atau di kebun agar cara menanam dan merawatnya lebih terkendali dan pas. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dan maksimum di dataran rendah hingga ketinggian maksimum 300 mdpl (sangat cocok di tanam di berbagai wilayah di Indonesia). Namun mangga okyong tetap dapat tumbuh hingga ketinggian 1300 mdpl namun kurang maksimal ya guys.

Tanaman ini membutuhkan curah hujan kisaran 750 hingga 2250 mm/tahun dan temperatur yang di perlukan kisaran 24 sampai 27 derajat celcius.

Pemilihan tanah yang menanam tanaman ini juga harus di perhatikan, tanaman ini memerlukan tanah yang gembur, kedalaman sekitar 50 hingga 150 cm, pH sekitar 5,5 sampai 6 dan juga memiliki drainase yang baik ya gus!

Apabila tanaman ini telah tumbuh besar maka batang pohon dan akarnya akan menancap sangat kuat dan kokoh, berbeda ketika masih bibit, batang dan akarnya ringkih dan sangat peka terhadap kondisi lingkungan sekitar dan cuaca. Guyuran hujan yang deras serta minimnya sinar matahari (cuaca mendung) dapat sangat mengganggu pertumbuhan dari tanaman asal Thailand ini. Huhu..

2. Cara penentuan bibit yang tepat

mangga okyong
gardener.id

Seperti mangga jenis lain pada umumnya, mangga okyong juga dapat ditanam ketika masih dalam bentuk biji, namun tanaman yang dihasilkan tidak akan sebaik induknya. Nah ini yang pasti kalian tidak suka, waktu mulai awal berbuahnya juga lebih lama! Aduhh.. Lalu caranya bagaimana?

Cara agar tanaman ini berbuah dengan lebih cepat, Anda dapat menanamnya dalam bentuk bibit hasil stek atau okulasi. Pilihlah bibit yang baik yaitu tingginya sekitar 50 cm sampai 1 m, dengan kisaran tinggi seperti itu merupakan bibit yang baik dan siap untuk ditanam.

3. Cara menanam dan merawat mangga okyong di kebun

mangga okyong
samudrabibit.com

Kalian harus memperhatikan lahan yang menjadi tempat mangga okyong ini ditanam. Karena bila lahannya adalah di sekitar rumah kalian dan juga sempit, kalian harus sering – sering untuk memangkas pohon ini! Mengapa? Karena pohon ini memiliki kecenderungan tumbuh besar dan berpotensi untuk merusak bangunan rumah kalian loh!

Perhatikan juga apakah lahan tersebut terkena sinar matahari atau tidak, hal ini berguna seperti layaknya tanaman lain agar pohon dapat berfotosintesis.

Layaknya tanaman umum lainnya, ketika menanam tanaman ini, pastikan kalian bersihkan dulu lahan sekitar dari tanaman liar. Buatlah lubang di tanah dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm ya. Kalau kalian menanam dan membudidayakan dengan tujuan komersil, maka kalian harus memperhatikan jarak antar tanaman yaitu sekitar 3 x 3 meter, kasus ini sangat berguna agar masing – masing tanaman tidak berebut nutrisi.

Campuran media tanah

kompasiana.com
Gambar hanya contoh

Nah bila bibit mangga okyong yang kalian miliki berasal dari proses stek maka kalian memerlukan campuran tanah khusus. Yang terdiri dari campuran pasir putih, kapur, tanah, kompos, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1/2 : 1/2 : 2 : 1 : 1. Sehabis seluruh media tanam tersebut dicampur, kemudian kalian dapat meletakan bibitnya di tengah lubang dengan posisi kokoh berdiri tegak lurus. Siram ya 2 kali sehari pagi dan sore!

Media tanah tersebut haruslah diganti setiap 3 bulan sekali, kenapa? Karena seiring berjalannya waktu kadar keasaman tanah makin tinggi dan kandungan nutrisi didalamnya juga berubah (menurun).

Nah langkah yang harus kalian lakukan adalah buang sebagian media tanah lama dan isi dengan campuran media tanah yang baru. Sehingga dapat kita ketahui bahwa campuran media tanah yang lama berada di posisi atas sementara campuran media tanah yang baru berada di atas.

Media yang lama yang sudah kalian ambil itu sebenarnya dapat dimanfaatkan kembali lo apabila tingkat keasamannya diturunkan dengan cara di jemur dan diberi pupuk organik. Dengan pupuk organik ( yang merupakan hasil proses fermentasi mikroorganisme sampah) dapat meningkatkan kembali kualitas tanah, sehingga tanah tersebut menggembur kembali.

Disarankan bahwa kalian harus melakukan pemupukan 4 kali dalam setahun dengan rentang waktu setiap 3 bulan ya. Kalian dapat menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik cair. Umur tanaman juga mempengaruhi dosis yang kalian gunakan ya jangan lupa. Untuk seterusnya biarkan tumbuh secara alami ya, jangan menggunakan perangsang buah dan pestisida kimia.

Pemangkasan cabang pohon

mangga okyong
8villages.com

Nah kembali ke point sebelumnya yaitu jika kalian menanamnya di lahan yang sempit dan di sekitar rumah kalian, kan itu berpotensi merusak bangunan rumah anda. Dalam kasus ini, kalian perlu untuk memangkasnya lebih sering, pemangkasan pertama dilakukan ketika tanaman sudah setinggi sekitar 1 meter.

Pangkas pada perbatasan bidang pertumbuhan agar tanaman tersebut menghasilkan cabang yang banyak. Kalian dapat menjaga dan memelihara 2 sampai 3 tunas cabang. Untuk seterusnya ulangi kembali ketika panjang cabangnya mencapai 1 meter, lanjutkan terus hingga kalian mendapatkan kelipatan 1 – 3 – 9 cabang.

Setelah masa panen buah, lakukan kembali pemangkasan cabang pohon. Hal ini bertujuan agar ketinggian dari tajuk pohon tidak lebih dari 3 meter. Jika kalian rajin dan disiplin melakukannya, maka kalian akan mendapatkan pohon dengan percabangan yang rapi dan enak dipandang. Tujuan lainnya adalah agar batang utama dan akarnya tidak cepat besar yang sangat berpotensi merusak bangunan rumah.

Hal lainnya agar memudahkan sinar matahari masuk menembus sampai keseluruhan agar mempermudah tanaman dalam melakukan proses fotosintesis. Ketinggian pohon yang telah kalian atur yaitu dengan cara pemangkasan agar mempermudah proses saat pemanenan buah.

4. Cara menanam dan merawatnya didalam pot

rumahtanaman.com

Ini jika kalian mengkehendaki bila tanaman mangga okyong kalian di tanam di dalam pot, nah kalian harus menyediakan sebuah pot yang berdiameter 60 cm ya. Kalian dapat menggunakan drum bekas yang kalian potong sebagian pada bagian tengah, hal ini bertujuan agar pot dari drum kuat dan tahan lama.

Ada persyaratan khusus untuk media tanam tanaman mangga okyong, media didalam pot haruslah gembur, berbutir – butir, berstruktur remah, kaya unsur hara, bebas dari hama dan penyakit, porous dan yang terakhir harus ringan agar kalian tidak kesulitan untuk memindahkannya sewaktu – waktu.

Komposisi media tanamnya adalah tanah, pupuk kandang (kompos juga bisa), dan arang sekam (perbandingannya adalah 2 : 1 : 1). Sebaiknya, pada dasar pot kalian letakan terlebih dahulu genteng dan ijuk sebelum memasukan media tanam agar drainase dan aliran udara terjamin.

Masukan campuran media tanam tersebut kedalam pot hingga memenuhi setengah dari bagian dalam pot, polybag di buka dan bibit di letakkan di bagian tengah – tengah pot. Perhatikan bagian bidang dari bekas okulasi atau sambungan, haruslah menonjol sekitar 10 sampai 15 cm di atas permukaan media tanam tersebut. Yang terakhir siram media tanam beserta bibitnya dengan air.

Diawal menanam, penyiraman harus dilakukan secara rutin ya guys sehari 2 kali yaitu pagi dan sore, selanjutnya kalian bisa menyiramnya 1 kali dalam sehari. Kecuali jika kaliah melihat bahwa media tanam dalam keadaan kering pada musim kemarau. Volume air yang kalian siram juga harus teliti kalian perhatikan, jangan kekurangan dan jangan berlebihan. Karena jika berlebihan maka akan menyebabkan media tanam ikut mengalir keluar pot.

Nutrisi media tanam mangga okyong dalam pot

mangga okyong
carauntukmembuat.com

Berbeda lo ya dengan penanaman di kebun, penanaman mangga okyong atau mangga akiong didalam pot memerlukan nutrisi tambahan lebih banyak. Kalian harus memberikan pupuk NPK dengan perbandingan 15 : 15 : 15 sebanyak 30 gram pada tiap – tiap pot untuk merangsang pembungaan. Berikan pupuk tersebut setiap 1 bulan sekali hingga tiba masa bunga muncul.

Untuk menjaga nutrisi dan unsur hara, berikan sekitar 2 kaleng susu kental manis dan pupuk kandang. Berikan kembali pupuk NPK yang sudah dilarutkan didalam air dengan perbandingan 1 sendok makan pupuk buat 15 liter air setelah bunga muncul.

Hasil campuran pupuk dengan air tersebut kemudian di siram ke media tanam ya guys dengan takaran 1/2 sampai 1 liter per pot ya. Disarankan bahwa pemupukan harus kalian lakukan pada pagi hari, agar pada siang hari tanaman mangga okyong tidak layu oleh terik sinar matahari.

Sejak tanaman berusia sekitar 1 bulan, pemangkasan haruslah rutin untuk kalian lakukan. Lakukan pemangkasan ketika batang utama telah mencapai tinggi 70 cm sampai 1 meter, agar segera muncul cabang primer.

Pertahankan cabang primer sebanyak 3 buah dengan panjang sekitar 50 hingga 75 cm. Kemudian untuk batang sekunder, pertahankan juga 3 buah dengan panjang sekitar 30 sampai 50 cm dari tiap – tiap batang primer. Pada tahap akhir, dari cabang – cabang tersebut maka akan muncullah cabang tersier.

Biarkan cabang – cabang sekunder dengan panjang lebih dari 20 cm, hal ini bertujuan agar cabang sekunder kuat untuk menopang buah saat tanaman mulai musim berbuah. Pangkas dengan teliti daun – daun yang terlalu lebat dan juga cabang yang terlihat tidak sehat.

Memang pembibitan dan penanaman mangga okyong lebih sulit di bandingkan mangga jenis lain. Karena memang dari karakter bibitnya yang lebih sensitif dan ringkih, kesalahan dalam pemupukan akan menyebabkan tanaman ini tumbuh pendek atau tidak maksimal.

5. Perawatan saat mangga okyong berbunga dan saat panen

news.detik.com

Ketika tanaman ini sudah mulai muncul bunga namun pada saat musim hujan, segeralah kalian menutupi bunga – bunga yang ada dengan plastik agar tidak rontok terkena deburan air hujan. Bunga dari tanaman ini sangat sensitif dan peka terhadap air hujan yang datang.

Kalian pastikan apakah bunga sudah dalam proses penyerbukan sebelum kalian tutup. Ditutup dengan plastik juga berguna agar buah yang dihasilkan terhindar dari serangan – serangan hama. Sebisa mungkin untuk menanggulangi hama dengan cara – cara yang alami.

Jenis mangga okyong yang merupakan hasil dari stek atau okulasi akan mulai berbuah setelah bertumbuh selama 3 hingga 4 tahun. Panenlah ketika buah mangga okyong sudah masak pohon karena akan terasa amat sangat manis. Ciri – ciri buah mangga yang sudah matang adalah warnanya berubah dari hijau menjadi kekuningan dan bila kalian tekan buahnya akan terasa empuk.

Bila kalian petik ketika buah belum sepenuhnya matang, meskipun kalian peram, buah mangga okyong akan tetap terasa masam atau asam.

Untuk info, harga mangga okyong per kg di kisaran Rp. 30.000 ya.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai karakteristik mangga okyong atau mangga akiong dan cara merawatnya. Terimakasih pada sumber 1 dan sumber 2 yang sudah penulis letakan link nya di atas, juga terimakasih kepada para pembaca!

Tagged , , ,

About ADMIRAL

Hanya seorang pembaca buku
View all posts by ADMIRAL →

2 thoughts on “KARAKTERISTIK MANGGA OKYONG DAN CARA MERAWATNYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *