Catatanku

Untung Rugi Bisnis MLM (Multi Level Marketing), Pemula Wajib Baca!

Mendengar istilah bisnis MLM atau Multi Level Marketing mungkin bagi sebagian orang merasa ‘alergi’, namun masih banyak juga yang antusias menggeluti bisnis ‘pohon’ satu ini. Rumor buruk tentang usaha MLM memang cukup menjadi perbincangan hangat, sehingga banyak pemula yang khawatir jika ingin memulai bisnis ini.

Apa itu Bisnis MLM?

bisnis MLM

Sebenarnya, MLM sama seperti dengan bisnis-bisnis pada umumnya. Yang membedakan adalah cara menjalankannya dimana MLM memiliki sistem penjualan barang yang berjenjang, dari upline ke downline. Bisnis jaringan ini juga bukan bisnis baru karena sudah sejak lama munculnya. Seperti yang kita ketahui beberapa usaha MLM yang sudah populer diantaranya Oriflame sebagai produk kecantikan, Tupperware, Tianshi sebagai produk kesehatan dan masih banyak lainnya.

Baca juga :

Sederhananya, dalam menjalankan bisnis ini, calon member hanya perlu membeli produk atau barang dengan nominal tertentu dan sekaligus sebagai uang pendaftaran menjadi anggota selamanya. Jadi disini Anda memang tidak hanya membayar saja, melainkan juga akan mendapatkan produk yang bisa Anda jual kembali. Tugas Anda adalah mencari downline sebanyak-banyaknya agar dapat memberikan penghasilan pasif untuk Anda.

Keuntungan Bisnis/Usaha MLM

Meskipun ada banyak rumor buruk tentang bisnis MLM ini, namun nyatanya sudah banyak yang sukses menggeluti bisnis di bidang MLM. Tergantung dari mana Anda memasarkan produk yang Anda jual atau mencari downline sebanyak-banyaknya. Berikut ada beberapa keuntungan bergabung dalam bisnis secara MLM:

Proses yang Cepat dan Mudah

Dibanding dengan bisnis ritel yang lain, bergabung menjadi bisnis multi level marketing ini lebih mudah dan cepat untuk proses pendaftarannya. Untuk menjadi anggota MLM tidak diperlukan prosedur yang berbelit-belit. Bahkan keperluan membayar biaya dan pembelian produk bisa dilakukan dalam hitungan menit saja.

Bisnis yang Mudah Dijalankan

Mengapa bisa diklaim mudah dijalankan? Karena sebenarnya disini Anda hanya dituntut kemampuan marketingnya. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, karena biasanya hanya berkisar ratusan ribu saja sudah bisa membeli barang untuk dijual kembali. Disisi lain, bisnis ini bisa dijadikan sebagai usaha sampingan Anda karena bisa dijalankan secara remote. Tentunya jika Anda berhasil mendapatkan downline sebanyak-banyaknya, keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga semakin besar.

Energi yang Tinggi

Bergabung dengan bisnis MLM memungkinkan Anda untuk bertemu dengan orang-orang yang lebih dulu sukses di bidang ini. Bahkan ada juga yang sudah berhasil menjadi kolongmerat. Dari sini Anda akan memiliki motivasi yang tinggi untuk semakin sukses dalam mengembangkan bisnis Anda. Hampir semua anggota bisnis ini memiliki semangat tinggi untuk sukses.

Barang yang Langka

Produk yang dijualbelikan dengan sistem MLM umumnya adalah produk-produk yang unik dan tidak dijual di pasaran secara umum. Jadi kemungkinan barang akan laku juga sangat tinggi. Anda juga bisa memilih produk yang sesuai dengan minat Anda.

Kelemahan Bisnis MLM

Meskipun bisnis ini bisa mendatangkan profit yang besar, namun bukan berarti bisnis ini tidak memiliki kekurangan. Memang benar bahwa kekurangan dari jenis bisnis ini masih menimbulkan kontroversi, sasaran kritik, debat kusir bahkan ada juga gugatan hukum yang pernah terjadi.

Salah satu kekurangannya adalah dari harga barang yang mahal dimana produk-produk yang dijual melalui sistem MLM lebih menekankan pada biaya yang dibayarkan oleh member baru, sehingga modal memang membengkak di awal.

Kontroversi MLM terletak dari cara perekrutannya yang diklaim seakan-akan memberikan tekanan pada member untuk mendapatkan member baru sebanyak-banyaknya. Alhasil, bukan produknya yang menjadi fokus utama, melainkan berlomba-lomba untuk mendapatkan downline sebanyak-banyaknya.

Disisi lain, produk MLM seringkali kurang diminati oleh masyarakat umum karena memang cenderung kurang populer. Apalagi jika harganya cukup mahal, maka bisa jadi produk MLM tidak laku jual.

Terlepas dari apapun kelebihan dan kekurangan dari MLM, semuanya kembali pada diri Anda sendiri dan ketekunan Anda dalam menjalankan bisnis. Sudah pasti setiap bisnis memiliki untung dan ruginya masing-masing. Jadi ada baiknya untuk mendalami ilmu bisnis MLM sebelum Anda terjun di sini.

Tagged , , , ,

About ADMIRAL

Hanya seorang pembaca buku
View all posts by ADMIRAL →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *