Catatanku

Perhatikan Hal-Hal ini Sebelum Memulai Bisnis Franchise Kuliner

Bisnis franchise kuliner saat ini memiliki popularitas tinggi di kalangan para pebisnis baik yang masih pemula maupun yang sudah profesional. Salah satu alasannya adalah karena bisnis ini cukup simpel dan Anda tidak harus memulai dari nol. Usaha franchise seolah-olah menjadi ladang bisnis yang akan tumbuh subur tanpa harus membutuhkan effort yang besar.

Bisnis franchise kuliner

Baca juga : 3 KULINER UNIK DAN KEKINIAN YANG PATUT ANDA COBA

Namun meskipun begitu, bukan berarti Anda gegabah dalam memutusankan untuk memulai bisnis franchise, termasuk di bidang kuliner. Modal yang akan Anda keluarkan tidaklah sedikit, maka pertimbangkan beberapa hal agar modal tidak terbuang sia-sia. Jangan hanya berpatok pada suatu franchise yang sedang ngetop saja, lebih dari itu bisnis ini juga membutuhkan pertimbangan yang matang.

Memilih Waralaba yang Tepat

Di Indonesia sendiri bisnis franchise cukup bertebaran, sehingga tidak sulit untuk menemukan waralaba yang akan dibeli. Namun bukan berarti disini Anda asal-asalan dalam menjalanan bisnis franchise kuliner. Karena untuk mendapatkan waralaba yang tepat dibutuhkan pertimbangan yang sangat matang.

Baca juga : SOSOK BARU KOLONEL SANDERS PENDIRI KFC YANG SANGAT MENARIK DAN BENAR – BENAR PALSU!

Pastikan Anda mendapatkan franchise yang mudah untuk dijalankan dan sudah jelas. Pertimbangan bisa Anda lakukan dengan melakukan riset pasar. Tapi perlu menjadi catatan bahwa franchise yang sedang trend belum tentu mudah dijalankan.

Misalnya ketika ada franchise yang sedang trend di suatu daerah tertentu, dimana bahan-bahannya tidak bisa ditemukan di tempat Anda. Maka hal ini tentu akan menyulitkan Anda dan membuat anggaran operasional membengkak.

Disisi lain, membeli bisnis franchise kuliner juga harus mempertimbangkan budget yang Anda miliki. Jika Anda kebetulan memang minim modal, maka Anda bisa berinvestasi dengan franchise yang masih terjangkau.

Misalnya dengan membeli yang kisaran Rp 10 juta hingga Rp 50 juta. Harga produk sendiri juga patut Anda pertimbangkan, karena produk yang murah meriah tentunya menjangkau semua kalangan.

Memilih Produk yang Banyak Dicari

Salah satu kunci kesuksesan bisnis franchise adalah kemudahan dalam mendapatkan pembeli. Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan keinginan calon konsumen. Sebagai pemula, tidak ada salahnya Anda memilih franchise yang memang sudah memiliki track record yang jelas.

Baca juga : 3 PELUANG USAHA HASILKAN BANYAK UANG

Meskipun saat ini sudah banyak franchise kuliner yang sedang naik daun, namun tren kuliner sepanjang masa sepertinya tidak akan terganti. Orang-orang akan selalu mencari produk ayam goreng dan es kopi. Kedua menu ini memang selalu menjadi tren abadi di tengah masyarakat.

Dengan memilih franchise yang banyak dibutuhkan masyarakat, maka bisnis ini nantinya akan menjadi bisnis yang stabil dengan pangsa pasar yang luas. Berbeda halnya dengan produk kekinian yang nantinya akan berangsur sepi seiring berjalannya waktu. Seperti contohnya bisnis es kepal milo, yang saat ini mulai menurun popularitasnya.

Pertimbangkan secara matang, apakah produk tersebut banyak diminati atau tidak, pasarnya ada atau tidak dan apakah produk tersebut memiliki pangsa pasar yang berubah atau tidak. Jadi misalnya ada bisnis franchise kuliner yang saat ini sedang populer, maka 5 hingga 10 tahun kedepan bisnis tersebut masih tetap populer.

Faktor Kegagalan Bisnis Franchise

Bisnis franchise memang tengah naik daun dengan semakin banyaknya informasi penawaran waralaba dan peluang usaha yang menjanjikan pengembalian modal dengan cepat. Namun sayangnya hal tersebut tidak dibareng dengan kesiapan dari pebisnis yang ingin membeli franchise itu sendiri.

Baca juga : BISNIS TANPA MODAL YANG COCOK UNTUK PEMULA

Meskipun franchise menjanjikan peluang keuntungan yang besar, namun bukan berarti bisnis ini anti kegagalan. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan bisnis ini gagal, salah satunya karena kesalahan presepsi di awal. Banyak yang mengira bahwa bisnis ini pasti berhasil, tidak akan repot dan tidak perlu terjun langsung.

Padahal bisnis franchise sama seperti bisnis lainnya, hanya berbeda soal merk saja. Anda sebagai pelaku bisnis juga harus terjun langsung ke dalam operasional franchise Anda jika ingin bisnis ini berjalan optimal. Anda adalah “bos” untuk franchise yang Anda beli. Maka keberhasilan dari bisnis franchise kuliner yang Anda beli adalah dari usaha Anda sendiri.

Berbicara tentang bisnis franchise memang bukan sesuatu yang sederhana. Lebih dari itu bisnis franchise kuliner membutuhkan analisa yang tepat agar bisa mendatangkan profit yang besar.

Tagged , , ,

About ADMIRAL

Hanya seorang pembaca buku
View all posts by ADMIRAL →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *