Catatanku

PENGERTIAN BISNIS BESERTA JENIS – JENIS BISNIS, TUJUAN, SEJARAH, DAN FUNGSINYA

PENGERTIAN BISNIS : APA ITU BISNIS?

PENGERTIAN BISNIS

Pengertian bisnis dan manajemen masing – masing orang sangatlah beragam dan terkadang sedikit berbeda. Secara umum pengertian bisnis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang, grup maupun organisasi yang didalamnya terjadi aktivitas produksi, penjualan, dan pembelian yang berupa perturkaran baik barang maupun jasa dengan satu tujuan yaitu mendapatkan laba atau keuntungan.

Hampir semua masyarakat dan kalian pasti sudah tidak asing dengan kata bisnis. Banyak sekali setiap harinya di dunia, orang melakukan kegiatan yang dinamakan bisnis. Dari kegiatan bisnis tersebut, ada banyak orang yang sukses mengembangkan usaha bisnisnya, tetapi banyak juga orang yang gagal dan bangkrut.

Baca juga : INILAH 9 IDE CONTOH UKM DI INDONESIA

Kata bisnis sendiri berasal dari bahasa inggris “business” yang memiliki arti yaitu kesibukan. Kesibukan ini diartikan sebagai seseorang yang melakukan suatu aktivitas yang dapat memberikan keuntungan bagi yang melakukannya.

Kata bisnis dibedakan menjadi 3 dan tergantung dari skupnya, yaitu merujuk pada :

  • Badan usaha : yang terdiri dari teknis, yuridis, dan ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan
  • Sektor pasar tertentu : penggunaan yang lebih luas contohnya adalah pasar modal dan bisnis pertelevisian
  • Seluruh aktivitas : penggunaan yang paling luas karena ini mencakup seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa.

SEJARAH PERKEMBANGAN BISNIS

PENGERTIAN BISNIS

Baca juga : MAU SUKSES? 5 BISNIS ANAK MUDA YANG MENJANJIKAN DAN SUKSES BESAR DI MASA DEPAN DI BIDANG PETERNAKAN

Bisnis di seluruh dunia pada awalnya tidak seperti sekarang. Bisnis berkembang secara bertahap, orang jaman dahulu tidak mengetahui apa itu bisnis meskipun sebenarnya mereka sedang melakukannya. Pada jaman dahulu ya orang menanam tanaman untuk di makan, membuat dan menjahit pakaian untuk di pakai sendiri, gotong royong dengan tetangga untuk membuat tempat tinggalnya.

Yang dilakukannya hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, nilai sosial yang tinggi, dan belum mengetahui apa itu berbisnis dan cara mengembangkannya agar menjadi berskala besar.

Dari waktu ke waktu, teknologi ikut berkembang, muncul alat – alat baru yang mempermudah pekerjaan sehingga terdorong terjadinya revolusi industri.

Kereta uap muncul sehingga mendorong majunya sektor pertanian. Traktor dan buldozer menggantikan hewan sapi dan kerbau untuk membajak sawah. Munculnya profesi pegawai upah (menggantikan budak yang diperjual belikan seperti barang) yang mahir di berbagai bidang tertentu.

Proses perkembangan dan kemajuan revolusi industri terjadi hingga saat ini, dimana orang, organisasi, dan perusahaan berlomba – lomba untuk menjadi lebih efisien dalam segala hal.

Perusahaan yang maju dan memegang kendali adalah perusahaan yang mampu meningkatkan efisiensi pekerjaannya di segala bidang yang di kerjakan. Hal itu akan menurunkan biaya produksi sehingga dapat bertahan di persaingan bisnis saat ini.

7 PENGERTIAN BISNIS MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN BISNIS

Baca juga : MEMULAI BISNIS : 10 LANGKAH UNTUK MEMULAI BISNIS KECIL

Agar kalian semua lebih mengetahui dan memahami apa itu bisnis. Berikut adalah pengertian bisnis menurut para ahli :

1. Hughes dan Kapoor :

Merupakan aktivitas perorangan yang terorganisasi dalam menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat  dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan atau laba.

Keuntungan adalah daya tarik utama bagi para pelaku bisnis. Keuntungan yang diperoleh dapat digunakan untuk mengembangkan usaha bisnisnya guna memperoleh keuntungan yang lebih besar lagi dari sebelumnya.

2. Musselman dan Jackson

Merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat. Masuk dan dilibatkannya perusahaan yang terorganisasi dalam memenuhi kegiatan tersebut.

3. Brown dan Pretello

Merupakan sebuah atau beberapa lembaga yang memproduksi dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat luas serta dalam semua hal usaha yang dilakukan baik oleh swasta maupun pemerintah dengan tidak memperdulikan akan mendapatkan keuntungan atau tidak.

4. Gross, Steade, dan Lowry

Merupakan seluruh kegiatan yang terorganisir oleh orang – orang yang berkecimpung didalamnya dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa guna mempertahankan dan juga memperbaiki standart kualitas kehidupannya.

5. Jeff Madura

Merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai barang dan layanan (jasa) yang diinginkan oleh pelanggan mereka.

6. Allan Afuah

Pengertian bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya agar terciptanya barang dan jasa yang di inginkan oleh konsumen

7. L. R. Dicksee

Pengertian bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang memiliki tujuan utama yaitu mendapatkan keuntungan bagi yang mengusahakan dan yang memiliki kepentingan dalam aktivitas tersebut

TUJUAN BISNIS

PENGERTIAN BISNIS

Baca juga :MENCOBA PERUNTUNGAN USAHA DAGANG DI MARKETPLACE

Sebenarnya semua bisnis memiliki sebuah tujuan utama yaitu mendapatkan laba atau keuntungan dengan memproduksi atau menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan maupun diinginkan oleh masyarakat. Beberapa tujuan bisnis adalah :

  • Mendapatkan laba dan keuntungan dari aktivitas bisnis
  • Menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan maupun diinginkan masyarakat
  • Menciptakan suatu nilai baru dari barang dan jasa
  • Untuk tercapainya kesejahteraan bagi produsen dan masyarakat
  • Terciptanya lapangan pekerjaan
  • Eksistensi perusahaan untuk jangka waktu yang lama
  • Memajukan pertumbuhan ekonomi masyarakat luas
  • Menunjukan suatu prestise dan prestasi

FUNGSI BISNIS

PENGERTIAN BISNIS

Baca juga : MUDAH! COBA SAJA! 5 USAHA YANG MENJANJIKAN SUKSES BESAR DAN COCOK UNTUK ANAK MUDA

Semua kegiatan bisnis memiliki fungsi, apa itu fungsinya? Fungsinya adalah membuat sesuatu yang awalnya kurang bernilai atau bahkan tidak bernilai menjadi sesuatu yang lebih bernilai atau bahkan bernilai tinggi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Beberapa fungsi bisnis adalah :

  • Form Utility : memproduksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Place Utility : memiliki fungsi distribusi dimana kemampuan produsen untuk menyalurkan barang dan jasanya ke tempat – tempat yang dapat dijangkau oleh masyarakat.
  • Possesive Utility : fungsi penjualan dalam bisnis
  • Time Utility : Fungsi dalam pemasaran dan penyimpanan, dapat memilih waktu yang tepat untuk menyimpan dan mengeluarkan barang atau jasa tepat pada waktu barang atau jasa tersebut lebih bermanfaat dibandingkan waktu sebelumnya.

Dalam buku The World Of Business (1979) yang ditulis oleh Steinhoff mengatakan bahwa bisnis memiliki 3 fungsi yaitu :

  • Mencari dan mendapatkan barang mentah.
  • Mengubah barang mentah menjadi barang jadi (yang tidak bernilai menjadi sesuatu yang lebih bernilai).
  • Dapat menyalurkan hasil produksinya ke konsumen atau masyarakat.

JENIS – JENIS BISNIS

PENGERTIAN BISNIS

Jenis – jenis bisnis pada akhirnya merujuk pada beberapa sektor tertentu yaitu :

Bisnis Pertanian : Usaha bisnis dibidang pertanian atau agro bisnis yang meliputi pertanian, peternakan, perikanan, dan perkebunan.

Bisnis Produksi Bahan Mentah :  Usaha bisnis yang bergerak dibidang pertambangan, kehutanan, dll. Dari sektor ini, produksi yang dihasilkan berupa bahan mentah yang diperuntukan untuk diolah kembali.

Bisnis Pabrik / Manufaktur : Usaha bisnis ini merupakan kelanjutan dari usaha bisnis produksi bahan mentah. Usaha bisnis ini mengolah bahan mentah atau bahan baku menjadi bahan jadi.

Bisnis Kontruksi : Bergerak dibidang pembangunan konstruksi dan infrastruktur seperti pembangunan gedung bertingkat, jalan raya, bandara, dll.

Bisnis Transportasi : Berkontribusi dalam menyalurkan barang dari produsen ke distributor hingga ke konsumen.

Bisnis Komunikasi : Memudahkan masyarakat dibidang komunikasi dan informasi (menjadi lebih cepat) seperti contoh : stasiun televisi, telepon, radio, dll.

Bisnis Perdagangan Besar (Distributor) : Usaha yang bergerak dan berperan dalam menghubungkan barang dari produsen hingga ke konsumen.

Bisnis Asuransi, Finansial, dan Real Estate : Asuransi bergerak dengan membantu masyarakat mengurangi resiko dalam bisnis, kesehatan, dll. Finansial bergerak dibidang membantu masyarakat dalam keuangan seperti kredit permodalan, dll. Sementara real estate bergerak dibidang perencanaan kredit kepemilikan properti.

Bisnis Jasa : Suatu perusahaan yang menjual barang yang tidak tampak (jasa) yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan yang ada di masyarakat dan juga mendapatkan laba atau keuntungan.

Pemerintah : Pemerintah merupakan peranan terpenting bagi perekonomian suatu negara karena pemerintah merupakan pembeli terbesar barang dan jasa. Dalam bentuk perusahaan, pemerintah juga dapat menyerap banyak tenaga kerja yang otomatis membantu perekonomian masyarakat dan memproduksi barang yang diperlukan oleh masyarakat luas.

PERHATIKAN FAKTOR KONTINUITAS (KEBERLANGSUNGAN) BISNIS

PENGERTIAN BISNIS

Baca juga : MENGENAL BISNIS FOREX DAN BEBERAPA KELEBIHANNYA

Bagi pengusaha, bisnis yang didirikan bukanlah bisnis sementara, melainkan harus berlangsung terus – menerus dan dapat dilanjutkan kepada ahli waris bahkan sampai anak cucu. Oleh karena itu perlunya diperhatikan faktor – faktor kontinuitas (keberlangsungan) bisnis agar tetap berdiri selamanya.

Likuiditas : Perusahaan memiliki kemampuan untuk membayar utang – utangnya tepat waktu, sesuai dengan tempo yang diberikan. Dapat menjaga kelancaran proses produksi agar suplai hasil produksinya lancar.

Solvabilitas : Perusahaan harus menjaga aset lebih besar daripada nilai utangnya

Soliditas : Kemampuan individu atau perusahaan mendapatkan rasa kepercayaan dari masyarakat. Kepercayaan tersebut meliputi moral dalam berbisnis, tepat dalam berjanji, dan jujur dalam pengelolaan keuangan.

Rentabilitas : Bisnis yang dikelola dapat meraup keuntungan yang layak dan tidak merugi.

Crediet Waardigheid : Bisnis yang dikelola dapat dipercaya sehingga layak untuk memperoleh pinjaman atau kredit.

Penjelasan – penjelasan yang sudah disebutkan diatas oleh penulis adalah ringkasan meliputi apa itu bisnis, sejarah bisnis, tujuan bisnis, fungsi bisnis, jenis – jenis bisnis, dan faktor kontinuitas bisnis. Penulis berharap agar artikel ini dapat menambah wawasan pengertian bisnis kamu.

Tagged , , , , , , ,

About ADMIRAL

Hanya seorang pembaca buku
View all posts by ADMIRAL →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *