Catatanku

INILAH 9 IDE CONTOH UKM DI INDONESIA

Contoh UKM

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah salah satu penyumbang penggerakan perekonomian di Indonesia. Menurut catatan Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM pada tahun 2017 menyumbang PDB Indonesia sampai 60,34 persen. Hal tersebut berarti pada tahun 2017 di Indonesia sekitar 60 persen nilai barang dan jasa yang diproduksi dari sektor UMKM. UMKM merupakan Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Usaha Menengah. Perbedaan dari ketiganya terdapat pada jumlah aset dan omzet yang dihasilkan.

Baca juga :

Dibawah inilah 9 ide contoh UKM di Indonesia :

1. UKM Fashion

CONTOH UKM

Di Indonesia, usaha di bidang fashion sepertinya masih menjadi primadona, dan sekarang banyak sekali pelaku UKM di bidang fashion menjual produknya secara online. The Jakarta Post mengatakan, produk fashion adalah produk yang paling di cari oleh masyarakat Indonesia ketika hendak berbelanja online

Bagi anda yang ingin membuka usaha dan memiliki passion di bidang fashion, segera lakukan dan jangan ragu untuk memulainya. Anda dapat menjual produk bermerek terkenal atau anda dapat menjual produk fashion dengan brand anda sendiri. Tidak diragukan lagi bahwa merek fashion lokal sekarang juga menjadi incaran orang Indonesia.

Anda dapat menjual produk fashion anda melalui toko online, sehingga anda memiliki pasar yang luas baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

2. UKM Kosmetik dan Skin Care

CONTOH UKM

Industri di bidang skin care dan kosmetik di Indonesia memiliki masa depan cerah. Kenapa? Karena meurut laporan Kementerian Perindustrian, industri kosmetik mengalami peningkatan sekitar 20 persen di tahun 2017. Menurut Kemenperin, 95 persen industri kosmetik Indonesia dikuasai oleh industri kecil dan menengah.

Pada hari โ€“ hari ini pasar kosmetik yang di targetkan lebih luas, tidak hanya untuk wanita namun, sekarang para pria juga. Di sisi lain, tren untuk kosmetik dan skin care berbahan alami sedang populer di Indonesia. Jadi bila kalian ingin memulai UKM di bidang kosmetik dan skin care, pasar yang di targetkan jangan hanya wanita namun, pertimbangkan pula para pria.

3. UKM MUA

CONTOH UKM

Bila anda tidak memiliki semangat untuk menjual produk, terdapat juga bisnis yang melayani dibidang jasa. Salah satu contoh bisnisnya adalah Make Up Artist (MUA). Bisnis MUA semakin hari semakin populer karena banyak wanita yang ingin tampil cantik dengan menggunakan make up profesional.

Jasa yang bergerak di bidang ini biasanya ramai di waktu seperti wisuda, lamaran, pernikahan, photoshoot. Jika skill dan kemampuan yang anda miliki sudah cukup mahir, Anda dapat membuat kelas atau kursus untuk make up.

4. UKM Perlengkapan dan Produk Bayi

CONTOH UKM

Jenis UKM satu ini mungkin akan diremehkan oleh beberapa orang. Namun, menurut lembaga riset Sigma Research Indonesia, pasar produk ini bernilai 88,1 triliun rupiah pada tahun 2017.

Disini anda harus dapat melihat peluang besar di industri ini. Sebagai permulaan, anda bisa memulai UKM dengan menjadi reseller produk-produk bayi seperti pakaian bayi, mainan bayi, botol susu, dan hingga perlengkapan mandi bayi.

5. UKM Furniture

Bila di bandingkan dengan bisnis lainnya, bisnis furnitur memang belum populer di dunia maya. Namun pada kenyataannya, pada tahun 2017 bisnis furnitur menyumbang 16,9 persen omset ecommerce Indonesia.

Para pelanggan sudah tidak perlu lagi untuk pergi ke toko melihat langsung furnitur yang ingin di beli. Pelanggan bisa melihatnya secara online dan juga dapat membelinya secara online. Pilihan lainnya adalah pelanggan dapat melihat โ€“ lihat furnitur secara online terlebih dahulu lalu pergi untuk melihat langsung dan membelinya di toko.

Bagi anda yang ingin memulai UKM di bidang furnitur, cobalah untuk menjual dan memasarkannya secara online. Buat website toko online furnitur sendiri dan bekerja sama dengan marketplace yang khusus menjual furnitur.

6. UKM Kuliner

CONTOH UKM

Daridulu sampai sekarang bisnis dibidang kuliner memang tiada matinya. Di Indonesia, bisnis kuliner menyumbang 41,40 persen produk domestik bruto ekonomi kreatif Indonesia dengan nilai sebesar 383 triliun rupiah.

Bisnis kuliner semakin berjaya dan berkembang pesat di ranah online dengan adanya layanan antar makanan seperti Go Food dan Grab Food. Jasa antar makanan ini memudahkan pelanggan untuk memesan makanan secara online dan makanan akan segera diantar ke lokasi si pemesan. Dengan memanfaatkan layanan antar makanan online, anda mempermudah para pelanggan yang sibuk atau tidak bisa pergi langsung ke toko.

Bagi Anda yang ingin memulai UKM di bidang kuliner, anda harus bekerja sama dengan layanan antar makanan online. Dengan begitu, usaha kuliner yang Anda kelola bisa lebih banyak mendapatkan pelanggan secara online.

7. UKM Penginapan

CONTOH UKM

Banyak turis baik dalam maupun luar negeri mengusung tren backpacker di Indonesia. Hal tersebut membuat meningkatnya permintaan terhadap fasilitas penginapan murah seperti hostel dan guest house.

Sebuah keuntungan bagi anda yang tinggal di daerah tujuan turis, UKM jenis di bidang penginapan layak untuk dicoba. Jika dibandingkan dengan hotel, guest house dan hostel tidak memerlukan banyak biaya karena fasilitas yang diberikan pada umumnya hanya tempat tidur, kamar mandi, sarapan, dan fasilitas dasar lainnya.

8. UKM Foto dan Studio

CONTOH UKM

Jasa foto dan video dapat dijadikan UKM yang menjanjikan bagi anda. Itu karena meskipun sekarang hampir semua orang dapat mengakses kamera lewat gadget, namun belum tentu bisa menghasilkan foto dan video yang bagus.

Jasa foto dan video biasanya ramai dicari untuk mendokumentasikan momen penting seperti pre wedding, pernikahan, wisuda, ulang tahun, atau anniversary. Sementara foto pernikahaan sendiri telah mendapatkan popularitas di Instagram melalui hashtag #weddingphotography.

9. UKM Buku

CONTOH UKM

Kini dengan adanya internet hidup semakin mudah, sekarang membeli buku tidak perlu langsung ke toko buku. Sebelum membeli buku, para pelanggan dapat melihat review dari isi buku tersebut juga bisa langsung membelinya secara online melalui website, media sosial, ataupun marketplace.

UKM jenis ini, anda dapat menjual buku secara online atau bisa sekaligus membuat toko fisiknya. Hal yang anda perlu perhatikan adalah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu sehingga harga dan layanan yang anda berikan kompetitif dibandingkan toko buku lainnya. Selain itu anda dapat menjual buku โ€“ buku langka atau import yang sulit di dapatkan oleh para pembaca buku. Sehingga toko buku anda dapat nilai tambah dari para pembaca buku dan dapat bersaing dengan toko buku lainnya.

Tagged , , ,

About ADMIRAL

Hanya seorang pembaca buku
View all posts by ADMIRAL →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *