Buku, Perjanjian Berkat

(PERJANJIAN BERKAT) PERJANJIAN BERKAT

Halo semua para pembaca buku, pada bagian pertama bab yang pertama dari buku “PERJANJIAN BERKAT” yang ditulis oleh Ir. Eddy Leo, M. Th,

Apa sih itu perjanjian berkat? Apakah kita sebagai orang kristen sudah jalan didalam perjanjian berkat? Bagaimana cara nya hidup didalam perjanjian berkat?

Banyak orang percaya (kristen) di antara kita salah mengerti bagaimana penerapan tentang maksud dan tujuan hidup kita di dalam Tuhan. Kita sebagai orang percaya mengejar kemakmuran di dalam hidup, itu tidak salah tetapi apakah implementasinya di kehidupan kita sehari – hari sudah sesuai dengan apa yang dikatakan firman Tuhan (alkitab)?

Kita harus membangun iman kerohanian kita pada fondasi yang tepat dan kuat. Fondasi yang kuat seperti apakah? Hiduplah didalam perjanjian Allah! Ketika kita hidup didalam perjanjian Allah, maka kita akan di persiapkan oleh Allah untuk dapat menerima segala hal yang dijanjikan Allah kepada kita manusia.

PERJANJIAN

Didalam perjanjian lama, ada perjanjian – perjanjian Allah dengan manusia. Allah mempunyai satu tujuan akan perjanjian – perjanjian itu, yaitu adalah meneruskan perjanjian tentang keselamatan umat manusia. Namun perjanjian – perjanjian tersebut memiliki kelemahan, kelemahan apakah itu?

Yaitu karena pada diri manusianya sendiri karena manusia tidak setia akan perjanjian yang telah dibuat Allah dengannya.

Ketika Adam dan Hawa ada di Taman Eden, Allah berjanji kepada mereka bahwa akan memberkati manusia jika hidup menurut rencana Allah. Namun apa yang terjadi? Adam dan Hawa tidak menaatinya dan tidak setia pada Allah, maka perjanjian tersebut batal, manusia jatuh kedalam dosa dan harus menerima konsekuensinya yaitu di usir dari Taman Eden. Hal tersebut membuktikan bahwa manusia biasa tidak bisa menepati perjanjiannya dengan Tuhan.

Sebelum Yesus hadir di dunia, ada yang namanya hukum taurat. Hukum tersebut bila dilanggar oleh manusia, kutuk akan datang. Ada 2 kutuk yaitu

  1. Kutuk kebinasaan : Maut
  2. Kutuk dalam kehidupan : Penderitaan kehidupan

Dibutuhkan manusia yang sempurna untuk dapat menepati dan menaati perjanjian dengan Allah. Yesus hadir sebagai manusia yang sempurna yang dapat menjalankan dan melakukan perjanjian tersebut. Dengan hadirnya Yesus, maka seluruh perjanjian lama yang gagal akibat ulah umat manusia di ganti dengan perjanjian yang baru. Yesus tidak mungkin gagal, semua perjanjian yang dibuat Allah denganNya pasti tergenapi.

PENEBUSAN

Ada ayat berkata “Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama – lamanya mereka yang Ia kuduskan.” Ibrani 10 : 14. Dengan darah dan nyawaNya, dosa kita manusia telah diampuni. Akibat dari itu adalah setiap manusia yang percaya kepada Tuhan, maka akan menerima berkat dari perjanjian baru.

Setelah Tuhan Yesus menebus dosa kita di kayu salib, kita semua umat manusia telah terbebas dari kedua kutuk di atas. Dari kutuk kebinasaan akibat dosa yaitu maut, oleh darahNya kita telah dibebaskan akan tetapi, untuk kutuk yang kedua meskipun manusia juga telah dibebaskan dari kutuk yang kedua yaitu penderitaan hidup, manusia masih memerlukan tindakan iman untuk melunasinya.

Tindakan iman apa yang dimaksud? Yaitu kita sebagai manusia, haruslah menuruti segala perintah Tuhan dan “hidup didalam Tuhan” agar perjanjian berkat nyata didalam hidup kita.

Mohon maaf bila ada salah kata, Tuhan berkati

NB :

  • Tentang Blog
  • Tertarik membacanya? Beli dan baca buku Perjanjian Berkat

Sumber : Buku Perjanjian Berkat

Tagged , ,

About ADMIRAL

Hanya seorang pembaca buku
View all posts by ADMIRAL →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *