Budaya Membaca Buku

PENTINGNYA BUDAYA MEMBACA BUKU

Halo semua, salam sejahtera buat kita semua. Dari judul “Pentingnya Budaya Membaca Buku”, terbayang gak sih di pikiran kalian, buku itu buat apa sih? Apa pentingnya kita membaca buku? Kenapa membaca buku harus menjadi budaya?

Pertanyaan itu yang akan saya bahas disini. Sedikit cerita mengenai sejarah buku, dari beberapa sumber mengatakan bahwa lahirnya buku pertama kali adalah di Mesir pada tahun 2400 SM yang mana pada waktu itu Mesir sudah dapat menciptakan kertas. Ada juga yang mengatakan bahwa buku pertama lahir di Kamboja yaitu ketika Sang Budha menuliskan wahyu di atas daun.

Sementara di Indonesia sendiri, pada awalnya buku masih berbentuk gulungan daun lontar.

Buku Mesir Kuno

Pernah mendengar atau membaca istilah “Buku adalah jendela dunia”? Banyak orang berilmu dan berwawasan yang lebih luas dari kita membagikan pengetahuannya dalam bentuk buku.

Dari kita membaca buku tersebutlah, kita membuka jendela dunia, kita mendapatkan ilmu, wawasan, dan pengetahuan yang sebelumnya kita tidak tahu sama sekali tentang hal itu. Kita dapat mengambil pelajaran yang berharga dari pengetahuan seseorang yang di tuangkan dalam buku tersebut.

 

Saya merupakan orang yang sangat menyukai membaca buku tentang bisnis karena saya berkeinginan menjadi seorang pengusaha yang sukses. Suatu ketika saya terpikirkan, bagaimana cara menjadi orang sukses? Apa saja yang harus dilakukan agar kita bisa menjadi orang sukses?

Banyak motivator berkata, “kita harus benahi dulu lingkungan pergaulan kita, kalau mau sukses kita harus bergaul dengan orang yang sukses, kita harus bergaul dengan yang level pengetahuannya di atas kita“.

Dan itu semua benar, saya tidak menyangkalnya, namun pertanyaan yang ada di diri saya adalah “apakah mereka orang sukses tersebut mau untuk bergaul dengan kita yang belum sukses? Apakah mereka orang sukses mau membagikan ilmu yang didapatkannya kepada kita?”. Selain itu mungkin bagi beberapa orang dapat dengan mudah bergaul, namun bagi saya yang agak introvert sulit untuk berkenalan dan bergaul dengan orang baru.

Dari permasalahan itulah saya menemukan jawaban, bagaimana cara untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman dari orang yang sukses dan berhasil di dalam hidupnya yaitu ya membaca buku yang ditulisnya. Menurut saya, dengan membaca buku “mereka” (mereka yang dimaksud adalah orang yang menulis buku) adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan ilmunya.

Kita tidak perlu jatuh di lubang yang sama dengan “mereka” ketika merintis usaha atau apapun kegiatan yang dilakukan “mereka” karena kita sudah tahu dan mengerti dari pengalaman “mereka” yang kita dapatkan dengan membaca buku “mereka”.

 

Kembali lagi ke point awal “kenapa membaca buku harus menjadi budaya?”.

Yang saya harapkan dengan menjadikan membaca buku sebagai budaya adalah agar cara hidup kita dapat berkembang sesuai dengan wawasan dan ilmu yang kita dapat kan dari membaca buku.

Jadikanlah membaca buku sebagai budaya, semakin banyak kita membaca berbagai macam buku yang sesuai fokus kita, maka semakin berpengetahuanlah kita. Kok sesuai fokus ? Ya saya menyarankan sesuai fokus sih, karena setiap orang punya pilihan di dalam hidup. Saya ingin menjadi pengusaha sukses ya lebih fokus membaca buku tentang bisnis. Atau saya ingin menjadi pendesain interior handal ya lebih fokus membaca buku tentang desain interior.

Mohon maaf bila ada salah kata, Tuhan memberkati.

Tagged

About ADMIRAL

Hanya seorang pembaca buku
View all posts by ADMIRAL →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *